Wednesday 16 December 2015

BAMBU MANGGONG



BAMBU MANGGONG
1.      Bambu Manggong merupakan tanaman jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruas di batangnya. Bambu Manggong termasuk salah satu jenis bambu endemik. Nama lain dari bambu manggong adalah Gigantochloa manggong Widjaja . Di dunia ini bambu merupakan salah satu tanaman dengan pertumbuhan paling cepat. Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik, dalam sehari bambu dapat tumbuh sepanjang 60cm (24 Inchi) bahkan lebih, tergantung pada kondisi tanah dan klimatologi tempat ia ditanam.

2.      Klasifikasi bamboo manggong
a)      Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
b)       phylum: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
c)       Kelas: Liliopsida (berkeping satu / monokotil)
d)      Ordo: Poales
e)      Famili: poaceae (suku rumput-rumputan)
f)       Genus: Gigantochloa
g)      Spesies: Gigantochloa manggong Widjaja


3.       Gambar Bambu Manggong
 



4.       Manfaat bambu manggong
Tanah tempat tumbuh bambu bisa dijadikan pupuk, atau media tanam apapun, karena komposisi tanah disekitar tumbuhnya pohon bambu memiliki unsur dan kandungan nitrogen yang sangat lengkap.Akarnya bisa dipergunakan sebagai sumber isolat dalam pembuatan PGPR.Tunas pohon bambu, rebung bisa kita masak dan disajikan dengan aneka cita rasa sesuai selera.Batang pohon bambu bisa untuk bahan bangunan rumah.Batang pohon bambu juga sebagai bahan baku kerajinan tangan.Batang pohon bambu dapat sebagai media fermentasi nutrisi kesehatan dan pakan ternak, yang terkenal dengan nutrisi bambu.Berbagai kitab herbal, kitab obat klasik, dan farmakop Cina mencatat khasiat bambu dalam menyembuhkan penyakit. Diantaranya : Bie Lu. Daun bambu bersifat dingin, tidak beracun, untuk mengobati rasa panas di dada dan batuk.Sheng Hui Fang. Bubur daun bambu bisa menyembuhkan jantung panas pada anak kecil atau tidak sadarkan diri. Ramuannya: daun bambu 60 g, beras secukupnya, dan 15 g yin chen (wormwood/Artemisiae scopariae) dibuat bubur.Kitab Terapi Herbal. Daun bambu mampu menyembuhkan batuk, haus, dahak, radang tenggorokan, dan menghilangkan rasa panas.
Ben Cao Qiu Zhen. Daun bambu bisa menyegarkan hati, menghangatkan limpa, menghilangkan riak dan dahaga, angin jahat, batuk, sesak, muntah darah, stroke ringan, dan lain lain.Ben Cao Qiu Zhen. Daun bambu bisa menyegarkan hati, menghangatkan limpa, menghilangkan riak dan dahaga, angin jahat, batuk, sesak, muntah darah, stroke ringan, dan lain lain.Yao Pin Hua Yi. Kitab yang dikenal sebagai Kitab Definisi Obat ini mencatat, daun bambu menyegarkan, agak pahit, mampu menetralkan semua chi dingin dan panas.

No comments:

Post a Comment